ORTODONTI UNTUK KESEHATAN DAN ESTETIKA

ORTODONTI UNTUK KESEHATAN DAN ESTETIKA

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Perawatan yang rutin dan tepat akan memaksimalkan fungsinya untuk menghaluskan makanan sekaligus menyehatkan. Tak hanya itu, gigi yang sehat dan rapi selain akan mempercantik senyum Anda juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

Berdasarkan literatur dari Ikatan Ortodontis Indonesia (IKORTI), Ortodonti adalah cabang kedokteran gigi yang mengkhususkan diri dalam pencegahan, diagnosis dan pengobatan dalam penyelarasan gigi dan rahang. "Ortodonti sendiri merupakan suatu upaya untuk membenarkan fungsi gigi," ujar dokter gigi spesialis Ortodonti (Ortodontis) Poliklinik Afiat RS PMI Bogor, Indah Ekasari kepada Radar Bogor.

Perawatannya menggunakan peralatan korektif seperti kawat gigi, wire, headgears,dan peralatan fungsional untuk menjadikan gigi dan rahang dalam posisi baik dan seimbang.

Dengan kemajuan zaman, ortodonti pun semakin berkembang fungsinya tak hanya memperbaiki fungsi gigi, melainkan juga memberikan estetika atau keindahan bentuk wajah dan rahang. Salah satu alat ortodonti yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah dental braces atau behel/kawat gigi. Seperti yang saat ini tengah marak, terutama di kalangan anak muda dan remaja. Alat ini berfungsi untuk memperbaiki fungsi gigi seperti fungsi pengunyahan, memperbaiki susunan gigi seperti gigi berjejal sehingga gigi susah dibersihkan, memperbaiki gigi yang maju dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Menurut Indah, meski tujuan utama penggunaan kawat gigi adalah untuk memperbaiki fungsi gigi, tapi juga dapat nilai estetika dari gigi yang rapi. Tidak ada batasan umur untuk menggunakan kawat gigi. Mulai usia tujuh tahun sudah dapat dilakukan screening untuk mengetahui perlu tidaknya penggunaan alat ini. "Yang pasti pemeriksaan ini perlu dilakukan oleh yang ahli dibidangnya, sehingga lebih aman dan tidak berbahaya,"ujarnya.

Usia paling bagus dalam penggunaan behel sendiri pada saat tumbuh kembang. Meski penggunaan behel ini telah berjamur di masyarakat namun pemasangannya perlu hati-hati dan kejelian dalam memilih tempat pemasangan kawat gigi yakni harus pada dokter spesialis ortodonti. Setelah pemasangan kawat gigi, perlu dilakukan kontrol rutin selama tiga atau empat minggu sekali untuk memeriksa keadaan gigi secara keseluruhan, melihat kemajuan perawatan kebersihan gigi.

Nah, jenis behel sendiri bermacam-macam. Ada yang bisa dilepas dan ada yang rekat. Demikian pula bahannya, ada yang terbuat dari logam, keramik, plastik bahkan juga ada yang dari emas. Harganya tergantung bahan. Misalnya bahan logam, sekitar Rp. 8 juta. Lamanya perawatan gigi menggunakan behel ini tergantung tingkat kerusakan gigi dan setiap orang berbeda-beda kebutuhannya. Namun bisa berkisar antara satu hingga dua tahun.

Bila berminat ingin mempercantik sekaligus menyehatkan gigi dapat langsung ke Poliklinik Afiat RS PMI Bogor yang berlokasi di Jl. Pajajaran. Buka praktek setiap Selasa dan Jumat pukul 14.00-19.00WIB